\
Powered by Blogger.

Blog Archive

Sejarah Elementary OS Dan ISO

By admin → Sunday, February 9, 2014

Mungkin setelah lebih dari 2 tahun, akhirnya yang banyak dinantikan dirilis juga. Sebuah distribusi Linux yang menggulkan desain & kesederhanaan, OS Luna dari Elementary. Sebagai penerus Jupiter, Luna merupakan distribusi yang kembali mengusung keindahan, bukan hanya tampak indah, namun juga nyaman digunakan.
Perjalanan panjang Luna hingga saat ini tidaklah mudah, mereka sempat diakui sebagai pembuat desain yang hebat namun ditolak sebagai penghasil kode yang layak. Namun perjalanan itu tidak sia-sia, saya rasa Luna sekarang mendapat banyak perhatian, terutama mereka yang mencari Linux untuk bisa mudah digunakan, bahkan di komputer lawas mereka.
Saya mencicipi edisi “live image” Luna dengan menggunakan kandar UFD, dan melihat memang sangat menggiurkan untuk segera digunakan. Kata orang ini seperti kesan pertama yang begitu menggoda.



Elementary OS ver. 0.2 “Luna” 64-bit menggunakan Notebook Acer TravelMate 6293. Tampil cantik dan menawan.

Luna berbasis Ubuntu 12.04 (jika saya tidak keliru), mungkin memang agak sedikit lawas, dan saat saya uji pemasangannya di notebook dengan Boot UEFI, tampaknya tidak berjalan dengan baik. Jadi saya sedikit ragu apakah Linux ini bisa dipasang pada komputer/laptop yang didesain bekerja dengan Windows 8 dan secure boot. Namun untuk komputer lawas berbasis 32-bit dan 64-bit saya rasa tidak akan masalah.
Bagaimana jika dibandingkan Pear OS? Jujur, dengan mempertimbangkan unsur penampilan dan kestabilan, saya akan memilih Luna. Alasannya sederhana, Luna tidak hanya mempertimbangkan kecantikan desain, namun juga tipografi yang digunakan – sehingga mata terasa dimanjakan saat memandangnya.

Mungkin distrubisi ini banyak mendapatkan pro & kontra, dan kabar baiknya adalah semua itu tidak akan menghilangkan kemungkinan distribusi ini akan menjadi favorit bagi mereka yang baru saja mulai belajar menggunakan Linux, dan mereka yang telah lama menggunakan Linux.
Oleh karena Luna menggunakan Ubuntu 12.04 LTS sebagai basisnya, saya tidak tahu seberapa lama sampai edisi berikutnya dirilis. Karena Jupiter sendiri dirilis April 2011, dan Luna kini dirilis pasca pertengahan tahun 2013. Saya sendiri tidak khawatir bahwa aplikasinya akan ketinggalan zaman, karena Luna dibekali aplikasinya tersendiri yang mungkin merupakan pilihan aplikasi yang tidak biasa dijumpai pada distribusi Linux lainnya. Bagi yang menginginkan sistem operasi yang bertahan agak lama tanpa perlu diperbarui secara besar-besaran setiap 6 bulan, ini merupakan pertimbangan yang baik.
Pertimbangan untuk menggunakannya mungkin adalah: tampilan yang dipoles dengan sangat baik, kebutuhan sistem perangkat keras yang tidak perlu tinggi (1 GHz/512 MB/5 GB), tersedia edisi 32-bit dan 64-bit, ringan untuk komputer lama, mudah digunakan, ruang aplikasi yang kaya (basis Ubuntu), pembaruan dan peningkatan otomatis tersedia ke versi berikutnya.
Pertimbangan untuk tidak menggunakannya mungkin adalah: dukungan UEFI untuk laptop baru masih ragu, jenis aplikasi baru perlu dibiasakan untuk digunakan, Anda mungkin bukan penggemar elementary.

Jika kawan Ingin Coba Elementary OS Bisa Download DI Koetaradja48

Post Tags:

Ichsan Bahri

I'm Ichsan. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Sejarah Elementary OS Dan ISO "