\
Powered by Blogger.

Blog Archive

Tags:

Aceh dan Open Source

By admin → Sunday, December 11, 2011

by Ade ‘surya’ Andrial

ini artikel seorang rekan saya di wartafoss kan gak ada salahnya saya publikasikan juga.
oke langsung saya kita gunting disini.

Submitted by Doto VR on Rab, 11/02/2011 – 11:10

Ini dalah tulisan perdana saya di wartafoss.

Melihat perkembangan linux khususnya di aceh saya melihat ada suatu progres yang besar, dimana para pemula biasanya ingin beralih ke Open Source karena tertarik melihat desktop yang menawan dengan effek 3D-nya, ada juga yang hanya sekedar ingin tahu apasih dan bagaimana linux itu, satu bagian lagi yang lebih besar karena tertarik akan hacking dengan mengadalkan BackTrack. Berjalan dari semua ini ada satu sisi positif yang bisa diambil dimana pertumbuhan Open Source di aceh berpengaruh besar dari menjamurnya Warung-Warung kopi yang menyediakan Akses Internet (Hotspot) gratis yang bisa digunakan dengan hanya berbekal segelas kopi hitam.

Secara pribadi saya merasa bangga dengan perkembangan ini, karena dengan begitu Open Source bisa merambah sampai ke tingkat pelajar SMP dan SMA. Alangkah indahnya begitu kita lihat diatas meja dengan segelas kopi didampingi sama sipinguin dalam laptop pengunjung (walau masih banyak juga yang menggunakan windows).

Memang sudah semestinya Aceh Go Open Sources yang sudah lama di deklarasikan oleh teman-teman di POSS-Aceh dan KPLI-Aceh (http://acehlinux.org/). Sebuah proses dan hasil yang luar biasa bila kita menyaksikan penggunaan Open Source diAceh saat ini. Mudah-mudahan ini jadi moment spesial bagi pengembang / development local untuk bangkit melawan ketergantungan perangkat ber preporiety, apalagi kedepan Banda Aceh dan Takengon mendapat kehormatan dengan datangnya Debian Tour Asia 2011 (http://wiki.jones.dk/DebianAsia2011).

Bisa jadi ini babak baru atau babak awal (walo penulis salah menilai) bagi Open Source Aceh, dengan banyaknya jumlah pengguna OSS yang perlahan mulai hijrah dari windows ke linux dengan kesadaran sendiri.

Terima kasih kepada :

POSS-Aceh, KPLI-Aceh, Para pemikir dan pengguna linux Aceh yang telah berkontribusi untuk Aceh.

saya tulis sumbernya :

http://www.wartafoss.com/baca/aceh-dan-open-source.html

http://dot0vr.wordpress.com/2011/11/02/aceh-dan-open-source/

Post Tags:

Ichsan Bahri

I'm Ichsan. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Aceh dan Open Source "